Titik Refleksi Pada Kaki

Titik Refleksi Pada Kaki – Pijat refleksi termasuk salah satu metode penyembuhan atau terapi kesehatan yang tidak menimbulkan efek samping. Metode pijat refleksi adlah memijat atau menekan titik refleksi pada kaki. Pemijatan atau penekan titik refleksi ini bertujuan merangsang saraf-saraf yang berhubungan dengan organ tubuh yang sakit atau mengalami gangguan.

Titik Refleksi Pada Kaki

Titik Refleksi Pada Kaki

Titik Refleksi Pada Kaki

Titik refleksi pada kaki tersebar di seluruh bagian kaki. Ada yang dibagian bawah (telapak kaki), punggung kaki dan bagian samping kaki. Titik refleksi pada kaki kanan dan kaki kiri semua berhubungan dengan sistem peredaran darah yang mengalir pad aorgan-organ tubuh. Kaki kita dapat menjadi alat diagnostik yang komplikatif sifatnya, yaitu dapat menunjukkan adanya gangguan fisiologik di dalam tubuh karena alat-alat dan bagian-bagian tubuh yang berkaitan dengan susunan saraf, darah, dan getah bening tidak atau kurang berfungsi dengan semestinya.

Terapi pijat refleksi kaki dapat memberikan efek relaksasi yang serupa dengan ketika berjalan di atas bebatuan. Pemijatan pada telapak kaki akan memberikan rangsangan yang mampu memperlancar aliran darah dan cairan tubuh. Hasilnya, sirkulasi penyaluran nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi lancar tanpa ada hambatan sedikit pun.

Titik refleksi pada kaki akan memberikan rangsagan secara refleks (spontan) pada saat dipijat atau ditekan. Rangsangan tersebut akan mengalirkan semacam gelombang kejut atau listrik menuju otak. Gelombang tersebut diterima otak dan diproses dengan cepat, lalu diteruskan menuju saraf pada organ tubuh yang mengalami gangguan.

Kaki memiliki titik refleksi yang menghubungkan seluruh bagian organ tubuh kita, titik refleksi pada kaki memiliki bagian masing-masing, antara lain :

1. Titik refleksi pada bagian bawah jari-jari kaki
2. Titik refleksi pada telapak kaki bagian depan
3. Titik refleksi pada telapak kaki bagian tengah
4. Titik refleksi pada telapak kaki bagian belakang
5. Titik refleksi pada bagian punggung kaki depan
6. Titik refleksi pada punggung kaki bagian belakang dan samping
7. Titik refleksi pada kaki bagian depan
8. Titik refleksi pada kaki bagian belakang

Manfaat Pijat Refleksi Kaki

Manfaat dari pijat refleksi kaki ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah pada seluruh jaringan organ tubuh, membuat organ-organ tubuh yang sakit terasa lebih rileks, meremajakan otot-otot syaraf yang tegang, meringankan rasa sakit, membantu dapat terapi penyembuhan dan pengobatan pada berbagai penyakit kronis ataupun tidak dan tentunya membuat tubuh terasa lebih tenang, nyaman, rileks sehingga tubuh mampu kembali untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Terapi refleksi kaki merupakan salah satu cara alternatif dalam memelihara kesehatan tubuh. Dan selain itu juga manfaat dari refleksi kaki sangat baik unutk kesehatan bisa membantu meredakan dan meringankan gejala suatu penyakit, baik dalam hal mental atau dalam hal fisik, misalnya adalah untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah, mencegah dan juga menyembuhkan penyakit kolesterol, penyakit darah tinggi, asam urat, dan juga sakit ginjal, jantung, serta sakit kepala, susah tidur, stres, dan sering mengalami kelelahan dan kurang semangata.

Terapi refleksi kaki dilakukan dengan menggunakan cream yang beraroma terapi. Selain itu konsentrasi dalam pemijatan biasanya akan difokuskan pada simpul-simpul saraf kaki karena disebabkan didaerah ini saling berhubungan erat dengan sarf yang bisa langsung masuk  ke dalam pusat yang sakit. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan melakukan pemijatan pada tangan, punggung, pundak, serta leher dan juga daerah sekitar kepala untuk membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dan setelah melakukan pmijatan, maka Anda biasanya akan diberikan minuman hangat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda karena mengandung antioksidan di dalamnya.

Namun hal yang harus Anda ingat adalah bahwa tidak semua pemijat pasti mempunyai kemampuan dalam melakukan pijatan refleksi yang baik. Jika si pemijat pernah mengikuti kursus yang baik maka ia kemungkinan besar bisa memahami titik-titik dari refleksi yang sangat baik. Teknik dari pijatan apapun yang dilakukan dengan tidak benar maka hasilnya juga tidak akan baik.

Fungsi Refleksi Kaki

Beberapa manfaat refleksi kaki untuk kesehatan adalah :

  1. Membantu mempercepat proses penyembuhan
    Karena kombinasi antara peningkatan aktivitas saraf peningkatan sirkulasi dan juga keseimbangan dari sistem metabolisme, maka sel-sel yang bisa tumbuh menjadi lebih cepat dan bisa membantu menyembuhkan luka. Selain itu juga, kualitas dari cara menghilangkan rasa sakit dari pijat refleksi kaki biasanya juga akan membuat pasien merasakan lebih bai9k lagi sehingga bisa lebih bersedia dalam memulai suatu pemulihan fisik.
  2. Penyakit kanker
    Walaupun refleksi kaki tidak terhubung langsung dengan proses penyembuhan penyakit kanker, namun sudah lama dikenal untuk membantu memberikan efek samping dari pengobatan penyakit kanker seperti kemoterapi. Hal ini akan membantu untuk membuat pasien lebih cepat tidur, mengurangi kecemasan dan juga mengurangi munculnya mual dan muntah serta masalah pada gangguan sistem pencernaan yang mengalami gangguan. Efek yang biasanya lebih umum terjadi adalah dengan membersihkan saluran saraf dan juga untuk membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah sehingga akan membantu melambatkan dalam penyebaran sel penyakit kanker dan bisa membantu merangsang aktivitas dari antioksidan serta dalam menghancurkan penyakit kanker. Namun penelitian ini masih dilakukan sampai sampai ini.

Itulah informasi mengenai refleksi pada kaki dan manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Titik Refleksi Pada Kaki

This entry was posted in Refleksi Kaki and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>