Refleksi Kaki

Daerah refleksi kaki adalah titik pusat urat-urat syaraf. Setiap titik itu bersangkutan dengan iorgan tubuh tertentu. Daerah refleksi ini sebenarnya ada terdapat di seluruh tubuh. Apabila menuruti kehendak alam, manusia berjalan di atas tanah yang kasar dan berbatu dengan kaki telanjang. Dengan cara ini, daerah refleksi yang ada di bawah kaki akan tertekan pijat sehingga mengaktifkan fungsi organ-organ yang berhubungan dengan daerah refleksi tersebut. Namun, seiring perkembangan zaman, manusia tidak lagi berjaan di atas jalan yang kasar, melainkan berjalan di atas jalan yang halus dengan memakai sepatu. Lama kelamaan kaki manusia terbelenggu oleh sepatu sehingga peredaran darah terganggu dan kakinya menjadi dingin. Lebih parah lagi, daerah refleksi di kaki menjadi terkekang sehingga tidak bisa (kurang) berfungsi lagi.

 

Pada umumnya, orang mendengar kata pijat refleksi langsung mereka mengambil kesimpulan sama yaitu dipijat dengan tekanan kuat sehingga sakit sekali, bahkan sampai berteriak. Pola memijat tersebut sangat salah sekali karena tidak setiap orang sanggup dipijat keras. Bila kita ke tempat pijat refleksi, seorang refleksiolog yang sudah berpengalaman tidak akan memijat sampai di luar batas kemampuan pasien menahan sakit. Jadi, seorang refleksiolog harus menyesuaikan dengan kondisi pasien karena tidak semua pasien sama dalam menahan sakit. Cara yang benar dalam memberi tekenan pemijatan adalah pasien tidak boleh tegang, buatlah pasien sesantai mungkin dan serileks mungkin, kalaupun ada rasa sakit, tidak melebihi dari kemampuan pasien. Apabila pemijatan dilakukan sendiri maka kekuatan tekanan dapat disesuaikan dengan daya tahan tubuh.

Badan kita dibagi secara vertikal dalam sepuluh (10) garis daerah. Garis ini mulai dari ujung jari tangan lalu ke atas kepala dan ke bawah hingga ujungg jari kaki. Bagian badan sebelah kanan mempunyai daerah refleksi di kaki dan tangan sebelah kanan. Demikian juga dengan bagian badan sebelah kiri mempunyai daerah refleksi di kaki dan tangan sebelah kiri. Telapak kaki mulai dari ujung ibu jari kaki sampai dengan tumit mewakili (berhubungan) dengan seluruh bagian tubuh. Garis pinggang telapak kaki yang terletak di cekungan kaki mewakili pinggang badan. Bagian di atas pinggang badan mempunyai titik tekan di atas pinggang telapak kaki. Adapun bagian badan sebelah bawah pinggang badan mempunyai titik tekan di bawah pinggang telapak kaki.

Pada telapak kaki kanan mewakili bagian badan yaitu kepala, mata, hidung, telingan, lengan, tangan, paru-paru, ginjal, perut sampai dengan lutut kaki yang terdapat di sebelah kanan. Demikian juga telapak kaki kiri mewakili bagian badan sebelah kiri.

Titik tekan untuk organ jantung, limpa usus sigmoid (usus melingkar), anus hanya terdapat di telapak kaki kiri. Adapun titik tekan untuk organ hati, kandung empedu, usus buntu, katup usus kecil besar terdapat di tepalak kaki kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>