Refleksi Kaki

Daerah refleksi kaki adalah titik pusat urat-urat syaraf. Setiap titik itu bersangkutan dengan iorgan tubuh tertentu. Daerah refleksi ini sebenarnya ada terdapat di seluruh tubuh. Apabila menuruti kehendak alam, manusia berjalan di atas tanah yang kasar dan berbatu dengan kaki telanjang. Dengan cara ini, daerah refleksi yang ada di bawah kaki akan tertekan pijat sehingga mengaktifkan fungsi organ-organ yang berhubungan dengan daerah refleksi tersebut. Namun, seiring perkembangan zaman, manusia tidak lagi berjaan di atas jalan yang kasar, melainkan berjalan di atas jalan yang halus dengan memakai sepatu. Lama kelamaan kaki manusia terbelenggu oleh sepatu sehingga peredaran darah terganggu dan kakinya menjadi dingin. Lebih parah lagi, daerah refleksi di kaki menjadi terkekang sehingga tidak bisa (kurang) berfungsi lagi.

Refleksi Kaki

Refleksi Kaki

Refleksi Kaki

Pada umumnya, orang mendengar kata pijat refleksi kaki angsung mereka mengambil kesimpulan sama yaitu dipijat dengan tekanan kuat sehingga sakit sekali, bahkan sampai berteriak. Pola memijat tersebut sangat salah sekali karena tidak setiap orang sanggup dipijat keras. Bila kita ke tempat pijat refleksi, seorang refleksiolog yang sudah berpengalaman tidak akan memijat sampai di luar batas kemampuan pasien menahan sakit. Jadi, seorang refleksiolog harus menyesuaikan dengan kondisi pasien karena tidak semua pasien sama dalam menahan sakit. Cara yang benar dalam memberi tekenan pemijatan adalah pasien tidak boleh tegang atau stres, buatlah pasien sesantai mungkin dan serileks mungkin, kalaupun ada rasa sakit, tidak melebihi dari kemampuan pasien. Apabila pemijatan dilakukan sendiri maka kekuatan tekanan dapat disesuaikan dengan daya tahan tubuh.

Badan kita dibagi secara vertikal dalam sepuluh (10) garis daerah. Garis ini mulai dari ujung jari tangan lalu ke atas kepala dan ke bawah hingga ujungg jari kaki. Bagian badan sebelah kanan mempunyai daerah refleksi di kaki dan tangan sebelah kanan. Demikian juga dengan bagian badan sebelah kiri mempunyai daerah refleksi di kaki dan tangan sebelah kiri. Telapak kaki mulai dari ujung ibu jari kaki sampai dengan tumit mewakili (berhubungan) dengan seluruh bagian tubuh. Garis pinggang telapak kaki yang terletak di cekungan kaki mewakili pinggang badan. Bagian di atas pinggang badan mempunyai titik tekan di atas pinggang telapak kaki. Adapun bagian badan sebelah bawah pinggang badan mempunyai titik tekan di bawah pinggang telapak kaki.

Titik Refleksi Kaki

Pada telapak kaki kanan mewakili bagian badan yaitu kepala, mata, hidung, telingan, lengan, tangan, paru-paru, ginjal, perut sampai dengan lutut kaki yang terdapat di sebelah kanan. Demikian juga telapak kaki kiri mewakili bagian badan sebelah kiri.

Titik tekan untuk organ jantung, limpa usus sigmoid (usus melingkar), anus hanya terdapat di telapak kaki kiri. Adapun titik tekan untuk organ hati, kandung empedu, usus buntu, katup usus kecil besar terdapat di tepalak kaki kanan.

Manfaat Pijat Refleksi Kaki

Manfaat pijat refleksi kaki untuk kesehatan adalah :

  1. Membantu mengalirkan darah lebih lancar
    Pijat refleksi kaki yang dilakukan pada beberapa titik-titik kaki, tangan dan juga dibeberapa bagian tubuh yang lain mempunyai efek untuk memberikan rasa nyaman dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Pemijatan yang dilakukan pada titik-titik pijat refeleksi ini akan membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar dan selain itu juga saraf-saraf yang mengalami penegangan akan bisa lebih lentur karena bisa menerima pasokan aliran darah. Selain itu juga, aliran darah yang lebih lancar juga akan membantu membuat jantung bisa menjadi lebih sehat lagi.
  2. Meredakan sakit punggung
    Manfaat dari pijat refleksi kaki lainnya adalah untuk membantu meredakan sakit punggung. Karena banyak orang dewasa yang mengeluhkan sakit punggung atau nyeri sendi. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya melakukan olahraga, kurang minum air putih, dan juga terlalu banyak dan terlalu lelah bekerja. Maka pijat refleksi kaki ini yang dilakukan dengan rutin akan bisa membantu untuk memulihkan kembali sakit punggung yang sedang diderita.
  3. Mengurangi ketergantungan obat-obatan
    Dengan mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan untuk meredakan sakit, vitamin atau juga jenis obat-obatan yang berbahan kimia maka akan membuat tubuh mengalami efek samping dan munculnya penyakit di dalam tubuh. Jika Anda seang sakit maka Anda akan mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan, namun dengan melakukan refeleksi kaki, maka keadaan tubuh Anda bisa menjadi lebih bertenaga dan menjadi lebih pulih lagi, baik di dalam kelenjar tubuh, aliran darah dan juga pada saluran pembuangan dari hasil sistem metabolisme di dalam tubuh.
  4. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
    Salah satu manfaat dari refleksi kaki adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh tinggi maka resiko untuk terserang berbagai penyakit. Dengan melakukan pijat refleksi kaki bukan hanya bisa dinikmati untuk Anda yang sedang mengalami masalah kesehatan namun juga untuk Anda yang sedang sehat kondisi tubuhnya.

Manfaat dari refleksi kaki bisa dirasakan oleh semua usia dan untuk semua golongan. Selain itu juga ditambah saat ini sudah banyak tempat-tempat untuk melakukan pijat refleksi kaki yang bisa ditemui dengan harga yang terjangkau.

Itulah informasi mengenai pijat refleksi kaki dan manfaat pijat refleksi, semoga bermanfaat untuk Anda semuanya yang membaca artikel kesehatan ini.

Refleksi Kaki

This entry was posted in Refleksi Kaki and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.