Pijat Refleksi

Pijat Refleksi diambil dari kata refleks yaitu suatu istilah yang mengandung makna gerak yang tak sengaja atau gerak yang otomatis atau dapat pula berati berbalik kembali atau pemantulan. Dengan demikian, bila kita mengatakan pijat refleksi dalam benak kita akan tergambar adnaya suatu gerak yang dapat mempengaruhi hal-hal yang berada di luarnya secara ototmatis. Tentu usaha gerak itu sendiri disebabkan adanya sesuatu rangsangan dari luar.

Pijat Refleksi

Pijat Refleksi

Pijat Refleksi Kaki

Di dalam kaitannya dengan pijat refleksi, kita mengenal adanya daerah, area atau zona refleksi. Sebenarnya, daerah refleksi ini terdapat di seluruh tubuh, namun lazimnya yang dimaksud daerah refleksi berada di kaki terutama pada telapak kaki. Sampai sekarang kita belum mengerti benar, mengapa hanya di kaki sajalah kita mengkaitkan masalah pijat-memijat ini sepanjang isitilah pijat refleksi digunakan.

Setiap organ tubuh memerlukan darah untuk melangsungkan fungsinya secara normal. Sebab darah membawa gizi yang diperlukan seperti hormon, oksigen, antibiotik dll. Di samping itu, darah juga mengambil dan pergi (membersihkan) kotoran-kotoran yang tersisa dalam tubuh. Bila sirkulasi darah lancar, orang akan merasakan dirinya segar dan sehat. Sebalilknya bila ada sisia kotoran yang mengendap dalam tubuh, orang akan merasakan adanya sesuatu yang mengganggu dan badan menjadi kurang atau tidak sehat. Apabila peredaran darah tidak lancar, organ tubuh akan terhambat mendapatkan makanan dan bahan kotoran terlambat dibersihkan.

Menurut teori pijat refleksi, kaki menggambarkan miniatur tubuh. Pijat refleksi dapat memberikan ketengann dan mampu mengobati masalah kesehata tertentu. Pijat ini tepat untuk menyembuhkan sakit kepala akibat ketegangan dan migren.

Kepala direpresentasikan oleh jempol kaki. Bagian kanan kepala terletak di jempol kaki kanan, dan bagian kiri kepala terletak di jempol kaki kiri. Sementara itu, kedelapan jari kaki lainnya mereflesikan bagian-bagian lain di kepala. Dengan menekan lembut titik-titik tertentu, pjat refleksi akan merangsang tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri. Pijat refleksi dapat menjadi terapi prevensif yang hebat. Jika sakit kepala yang dirasakan merupakan gejala penyakit lain, daerah kaki selain jempol harus dipijat terlebih dahulu.

Teknik Pemijatan Refleksi Kaki

Mulailah selalu pemijatan dari kaki sebelah kanan. Cara ini akan menbuat efek bagus sekali untuk refleksi jantung karena tubuh sudah berada dalam kondisi lebih rileks. Urutan khusus perawatan untuk pijat refleksi kaki ada dua yaitu bila dalam keadaan normal dan bila dalam keadaan sakit mendadak :

1. Bila dalam keadaan normal

  • Pijat daerah kaki yang berhubungan dengan sistem pembuangan urin mulai dari titik ginjal, saluran kemih dan kantung kemih.
  • Pijat daerah yang berhubungan dengan kepala. Mengapa harus kepala? karena kepala adalah pusat segala organ bagi tubuh manusia.
  • Pijat daerah yang berhubungan dengan organ pencernaan, termasuk di dalamnya usus, lambung, liver, dan kelenjar ludah perut. Tujuannya adalah melancarkan metabolisme tubuh untuk memberi makanan pada organ-organnya.
  • Pijat daerah yang berhubungan dengan sistem kelenjar agar enzim yang dihasilkan kelenjar membawa pergi segala kotoran.

2. Bila dalam keadaan sakit mendadak

  • Dapat dilakukan pemijatan langsung, seperti sakit perut, pusing, sakit gigi ataupun sakit jantung.
  • Bila mendapat kecelakaan, misalny jatuh dari motor, kaki keseleo ataupun memar segera dipijat pada daerah refleksinya. Apabila luka belum ada satu malam, umumnya bisa langsung sembuh.
  • Bila pasien dalam keadaan sakit parah, seperti asma, dapat dipijat langsung pada daeraah refleksinya.

Alasan Refleksi Kaki

Dibawah ini ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin melakukan refleksi kaki :

  1. Relaksasi
    Dengan melakukan pijat refleksi kaki maka akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Inilah salah satu alasan yang paling banyak ditemui. Pemijatan yang dilakukan pada beberapa titik refleksi akan membantu memberikan suatu efek dari peredaran darah bisa menjadi lancar. Darah mempunyai manfaat untuk bisa membawa oksigen dan juga membawa nutrisi makanan menuju keseluruh tubuh dengan lebih baik lagi. Saraf-saraf yang mengalami penegangan akan menjadi lebih rileks dan bisa memberikan suatu efek yang baik agar badan bisa menjadi lebih rileks dan bisa menjadi lebih nyaman.
  2. Pengobatan
    Dengan melakukan refleksi kaki maka sangat baik untuk membantu membuat proses pengobatan menjadi lebih cepat. Pijatan yang dilakukan dengan tepat di titik-titik penting refeleksi akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan mengurangi keluhan sakit yang dirasakan. Dengan adanya energi ini maka organ tubuh akan bisa bekerja dengan lebih baik dan lebih optimal lagi.
  3. Diagnosa suatu penyakit
    Berdasarkan suatu pengalaman dalam hal ketepatan untuk menebak organ mana yang mengalami masalah paling tidak hampir sekitar 90% bisa tepat dan tentu untuk praktisi yang sudah berpengalaman.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Dengan melakukan refleksi kaki karena salah satu manfaat dari refleksi kaki adalah untuk meningkatkan daraya tahan tubuh, jika tubuh tidak mudah terserang penyakit maka vitalitas tubuh akan tetap terjaga kesehatannya. Dengan melakukan refleksi kaki secara rutin dan teratur, maka hal ini akan membantu membuat sistem daya tahan tubuh tetap bagus, dan sebaiknya jangan menunggu sampai sakit untuk melakukan pijat refleksi kaki. Karena mencegah lebih baik dibandingkan mengobati. Manfaat dari pijat refleksi kaki adalah salah satunya untuk mengatasi masalah stres dan untuk membantu mengurangi sakit kepala dan migrain.

Pijat Refleksi

This entry was posted in Refleksi Kaki and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>