Fungsi Refleksi Kaki

Darah pada tubuh manusia memiliki fungsi yang sangat penting yakni mengantarkan semua bahan kimia, oksigen, zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh dan membuang karbondiokisda serta kotoran lain yang tidak diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, bila peredaran darah dalam tubuh manusia tidak lancar, maka organ-organ tubuh akan kesulitan untuk memperoelh makanan dan membuang semua kotoran yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Kotoran yang tertahan di dalam darah lama-kelamaan akan mengendap di dalam saluran-saluran darah sehingga penyaluran oksigen dan zat-zat makana ke seluruh bagian tubuh yang memerlukan akan terhambat. Akibatnya, muncullah berbagai macam penyakit antara lain pecahnya pembuluh darah, kelumpuhan (stroke) dan berbagai penyakit lainnya.

Daerah refleksi yang sakit jika diraba biasanya akan terasa seperti ada pasir. Hal ini membuktikan bahwa di dalam pembuluh darah ada endapan kotoran. Pembuluh darah yang mengandung endapan bila dipijat akan terasa sakit dan linu. Hal ini menandakan bahwa organ tubuh yang terasa sakit atau linu tersebut menderita suatu penyakit.

1. Cara memijat

Cara memijat daerah refleksi yang terdapat pada kaki dilakukan dari arah bawah ke atas. Sedangkan cara memijat daerah refleksi yang terdapat pada betis dilakukan menuju arah jantung (menurut arah aliran darah). Setiap daerah refleksi dapat dipijat selama 5 menit dan seluruh daerah refleksi dapat dipijat selama 30 menit.

2. Urutan memijat

Urutan pijat refleksi dimulai dari pemijatan simpul-simpul saraf bagian ginjal, bagian kepala, bagian pencernaan dan bagian kelenjar.

a. Ginjal : pemijatan simpul saraf daerah ginjal dan saluran kencing bertujuan untuk melancarkan pembuangan kotoran yang mengendap pada gijal dan saluran kencing.

b. Kepala : pemijatan simpul syarat daerah kepala bertujuan utnk melancarkan aliran darah dan oksigen yang menuju ke kepala.

c. Pencernaan : pemijatan simpul saraf daerah pencernaan (lambung, usus, liver, kelenjar ludah perut) bertujuan untuk memperlancara metabolisme dan memberi makan pada organ-organ tersebut.

d. Kelenjar : pemijatan simpul saraf kelenjar bertujuan untuk membuang segala kotoran yang mengendap di kelenjar.

3. Cepat dan aman

Pijat refleksi termasuk cara penyembuhan yang cepat dan aman bagi orang yang menderita penyakit tertentu.

4. Hal-hal yang perlu diperhatikan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama menjalani penyembuhan/pengobatan dengan pijat refleksi sebagai berikut :

- Hentikan dulu minum es dan obat-obatan selama masa pemijatan, karena dapat menghambat kesembuhan.
- Makanlah yang cukup dan teratur untuk mendukung proses penyembuhan.
- Jangan melakukan pemijatan dalam waktu satu jam setelah makan
- Minumlah air putih sebanyak 2-3 gelas (± 500 cc) setelah selesai dipijat agar kotoran dalam tubuh cepat terbuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>